KAJIAN PENGELOLAAN LABORATORIUM FISIKA DI SMKN 3 MAUMERE

Maria Herliana, Antonia Sophia Evarista, Rambu Ririnsiana harra Hau

Abstract


Laboratorium merupakan sebuah wadah yang sangat penting dalam menunjang suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pentingnya laboratorium serta kelengkapan fasilatas dalam mendukung dan menunjang pembelajaran sains bagi siswa SMKN 3 Maumere. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Observasi yang dilakukan adalah observasi partisipasif dan teknik wawancara yang digunakan berjenis wawancara semistruktural. Subjek penelitian ini adalah guru fisika SMKN 3 Maumere. Hasil dari data wawancara ini menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium SMKN 3 Maumere masih sangat minim sekali kerana masih banyak kekurangan dalam hal belum memiliki gedung laboratorim dan perlengkapan alat dan bahan laboratorium juga masih sangat kurang sekali. Untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut Kepala Sekolah sudah rencana untuk mengadakan pembangunan laboratorium dan melengkapi peralatan laboratorium yang masih kurang.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.Arikunto.

S. & Cepi, S. A. J. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahniar, N. 2006. Science project sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan ketrampilan proses sains di SMP. Jurnal Pendidikan Inovatif2 (1): 35-39.

Katili, N. S., I Wayan S., & Ketut S. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa. E-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Lubis, M. 1993. Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.