ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK TERMODINAMIKA PADA SISWA KELAS X1 SMAS KATOLIK ST JOHN PAUL II MAUMERE

Falentina Genoveva Irmina, Rambu Ririnsiana harra Hua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal termodinamika pada siswa kelas X1 IPA-3.metode yang di gunakan yaitu observasi ,wawancara,dan deskriptif kualitatif .kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi termodinamika yaitu siswa belum memahami pemberian soal yang di berikan.pada penelitian ini juga di temukan ada beberapa siswa yang senang mengerjakan soal dengan diskusi kelompok daripada mengerjakan sendiri.hal ini terjadi karena sebagaian besar siswa kurang memahami materi termodinamika,sehingga siswa lebih senang mengerjakan secara berkelompok agar siswa juga dapat bertukar pikiran untuk mengerjakan soal tersebut.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Rismantul. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA).5(2).44-50.

Gasong, D. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Hardiyanto. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EKSPOSITORI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. 249-254.

Suroso. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL FISIKA TERMODINAMIKA. 8-18.

Dewi Nur Azizah, S. Z. (2017). Identifikasi Pemahaman Materi Termodinamika. 134-140.

Kanisius. (2017). Teknik Diskusi Berkelompok. Yogyakarta: Kanisius.

Rabindra R, P. J. (2019). Students’ strategies for solving a multirepresentational partial derivative. 3-15.

Richie Erina, H. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses. 205-207.