UPAYA MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN PADA MATERI TERMODINAMIKA

Gratchia Christa Elisabeth, Rambu Ririnsiana harra Hua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya-upaya yang digunakan untuk menjacapi tujuan pembelajaran pada materi termodinamika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi , wawancara , dan studi pustaka yang diperoleh melalui artikel-artikel di media internet.Upaya-upaya yang menjadi tolak ukur adalah perencanaan pembelajaran , evaluasi , dan pemanfaatan sumber belajar.Perencaaan pembelajaran berisi cara agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik , mulai dari penggorganisaian pembelajaran , upaya penyampaian isi pembelajaran, dan penataan interaksi antara sumber-sumber belajar sehingga dapat berfungsi dengan optimal . Evaluasi digunakan untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran yang dilaksanakan . Sedangkan sumber berisi segala sesuatu yang secara fungsional dapat dimanfaatkan dan dipergunakan untuk menunjang, memelihara dan memperkaya proses pembelajaran. Pada penelitian ditemukan bahwa upaya-upaya yang dilakukan belum mencapai tujuan pembelajaran . Berdasarkan evaluasi hasil yang dilakukan siswa kurang memahami materi termodinamika. Hal ini terjadi karena pelaksaan perencanaan pembelajaran yang masih belum dilakukan secara keseluruhan dan kurangnya sumber belajar yang dapat menambah pengetahuan siswa .

Full Text:

PDF

References


Ali, L. (2018). The Design of Curriculum, Assessment and Evaluation in Higher Education with Constructive Alignment. 73-77.

Jaya, F.(2019).Perencanaan Pembelajaran.Medan:UINSU Press.

Nurhayati,F.(2017).APLIKASI KLASIFIKASI PENENTUAN JURUSAN SMA DI MADRASAH ALIYAH. 6.

Prastowo,A.(2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group.

Zakky.(2020, Februari 20).Pengertian Evaluasi | Definisi, Fungsi, Jenis-Jenis,dan Tahapannya.Retrieved Maret 13, 2020, from https://www.zonareferensi.com/pengertian-evaluasi/

Dina Gasong, M. (2018). Belajar Dan Pembelajaran . Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Dr. Rusydi Ananda, M. (2019). Perencanaan Pembelajaran . Medan: LPPI.

Dr. Muhammad Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Garudawacha.

Nurdyansyah, S. M. (2016). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Rini Harianti, S. A. (2016). POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. 20-28.