PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA

Gratchia Christa Elisabeth, Rambu Ririnsiana harra Hua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) untuk menarik minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan termodinamika.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi , wawancara , dan studi pustaka yang diperoleh melalui artikel-artikel di media internet. Pada pembelajaran materi termodinamika metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi (kooperatif tipe stad). Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis ceramah . Dalam pembelajaran kooperatif diskusi dan komunikasi dikembangkan tujuan agar siswa berbagi kemampuan, belajar satu sama lain untuk berpikir kritis, berbagi pendapat, saling memberikan kesempatan untuk menyalurkan kemampuan, saling membantu belajar, menilai kemampuan dan peran mereka sendiri dan teman-teman teman lain . Sedangkan metode ceramah dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara langsung atau dengan cara lisan. Pada penelitian ditemukan bahwa penerapan metode pembelajaran yang digunakan belum memberikan efektifitas. Hal ini terjadi karena siswa kurang memahami materi termodinamika secara keseluruhan dan kurang adanya kerjasama yang baik antar anggota kelompok .

Full Text:

PDF

References


Dina Gasong, M. 2018. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish

Dr. Rusydi Ananda, M. 2019.Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPI.

Dr. ajat Rukajat, M. 2018. Manajemen Pembelajaran.: Yogyakarta: Deepublish

Hanifa Kusumawati, M. 2016. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa . 263

LUBIS, A. S. (2018). POLA INTERAKSI GURU DENGAN MURID DALAM PEMBELAJARAN. 9-17.

Nurdyansyah, E. F. (2016). INOVASI MODEL. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Nurhayati, F. (2017). APLIKASI KLASIFIKASI PENENTUAN JURUSAN SMA DI MADRASAH ALIYAH. 6.

P. A. Arimbawa, I. W. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA: RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. 43-58.

PASHA, P. A. (2016). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN MENTAL SISWA. 34-42.

Rahman Johar, L. H. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Yunisrina Qismullah Yusuf, Y. N. (2015). A Teacher's Experience in Teaching with Student Teams-Achievement Division (STAD) Technique. 99-110.