ANALISIS PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIPA-3 SMAS KATOLIK ST.JOHN Paul II MAUMERE

Gratchia Christa Elisabeth, Rambu Ririnsiana harra Hua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori pembelajaran pada proses pembelajaran Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitataif .Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-3 SMAS Katolik St.John Paul II Maumere. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik observasi, analisis kasus , dan studi pustaka yang diperoleh melalui artikel-artikel di media internet sebagai bahan pendukung dalam penulisan artikel ini.Pada penelitian ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran fisika di kelas XI MIPA-3 SMAS Katolik St.John Paul II Maumere guru menerapkan berbagai teori pembelajaran , dan teori pembelajaran yang paling dominan diterapkan adalah teori pembelajaran behavioristik.

Full Text:

PDF

References


A.M.Irfan Taufan Asfar, A. A. (2019). Teori Behaviorisme . Jurnal Pendidikan. 2-23.

Alfiah. (2018). Teori-Teori Dalam Praktek Pembelajaran . Jurnal Alfiyah . 1-6.

Dr.Dina Gasong, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Fathurrohman, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern . Yogyakarta: Penerbit Garudhawacha.

Fibrianda, E. (2019). Teori-Teori pembelajaran . Jurnal Kependidikan . 1-11.

Husamah, Y. P. (2016). Belajar dan Pembelajaran . Malang: UMM Press.

Kunaefi, M. A. (2016). Pandangan Behavioristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran . Jurnal Kependidikan . 2-15.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik . Jurnal Ilmu Pengetahuan sosial . 64-73.

Yarbrough, J. R. (2018). Adapting Adult Learning Theory to Support Innovative, Advanced, Online Learning -- WVMD Model. 3-4.




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International