PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH (PBM) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 2 MAUMERE PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Agnes Susanti Da Nelci, Agustina Elizabeth, Paulina Nelce Mole

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 2 Maumere dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi Impuls dan momentum. Penelitian ini diujicobakan dikelas X IPA 4 SMA Negeri 2 Maumere pada tanggal 23 Juli sampai 2 Agustus 2018. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, data-data kemampuan berpikir kritis berupa soal tes uraian yang berjumlah 20 butir soal, wawancara dan observasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Perangkat pembelajaran yang digunakan berkategori valid dan reliabel; 2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi impuls dan momentum mengalami peningkatan; 3) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi impuls dan momentum dikatakan berhasil.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: Institut Teknologi.

Adib, M. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think-Phair-Share dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN Manggis 1 Ngancar Kabupaten Kediri”. Skripsi Serjana Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Al-Hijrah. 2017. “Model ALBICI (Active Learning Based-Interactive Conceptual Instruction) dengan PDEODE*E Task untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 2 BANDAR LAMPUNG”. Skripsi Serjana Pendidikan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Egok, A.S. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Vol 7 Edisi 2 tahun 2016.

Fitriana, N.N., Wirahayu, Y.A., Purwanto., 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berfikir Kritis Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS-3 Semester 2 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung”. Jurnal Pendidikan Geografi. Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Husnidar, M.I., Syamsul, R. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis

Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 1 No.1 tahun 2014.

Karim, Normaya. 2015., ”Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 No.1 tahun 2015.

Kowiyah. 2012. ”Kemampuan Berpikir Kritis”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 3 No.5 tahun 2012.

Rakhmawati, Y., Chamdani, M., Suryandari, K.C., 2012. “Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dalam Peningkatan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Saputri, B.M.U. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA I SMA BOPKRI 2 Yogyakarta pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh”. Skripsi Serjana Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sari, D.D. 2012. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman”. Skripsi Serjana Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Wacana Intelektual. 2007. UU RI Nomor 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen dan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 SISDIKNAS: Penerbit WIPPRESS.

Waspadany, E. 2016. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence”. Skripsi Serjana Pendidikan, Universitas Lampung.

Wibowo, R.J. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Kontekstual SD Negeri Plaosan 1”. Skripsi Serjana Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Yulianto, E. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP”. Skripsi Serjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International