PENGARUH MODEL PEMBELAJARAM PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 2 MAUMERE TAHUN AJARAN 2017/2018

Fransisca Elisabeth Lehan, Agustina Elizabeth, Yohanes Sudarmo Dua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 DAN XI IPA 4 SMA Negeri 2 Maumere yang dipilih secara Purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay yang berjumlah 10 soal. Analisis data menggunakan Uji T (Independent sample t-test). Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test diperoleh tHitung sebesar 3,74 dan nilai ttabel sebesar 2,011 sehingga thitung> ttabel yang menunjukan bahwa H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Rusman, 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Selvianita, Andi. 2016 “ Kemampuan Mengelaborasi Konsep Fisika Peserta Didik kelas XII IPA SMA Barrang Lompio”. Jurnal pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Volume 5 nomor 2 tahun 2016. pp 205-213

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Tyas, Kharimah T. dkk. 2015. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswa”. Pendidikan biologi, FKIP Universitas Lampung 2015. pp 20-38.




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International