PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA NEGERI 1 MAUMERE TAHUNAJARAN 2017/2018

Yuvensia Goba, Anjelina Kristina Raja, Agustina Elizabeth

Abstract


Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapan model pembelajaraninkuiriterbimbingterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidikpadamaterihukum newton kelas X SMA Negeri 1 maumere.Jenispenelitianiniadalah true eksperimendesaigndenganbentukdesaignPretest-Posttest Control Group Design. Pengambilansampeldilakukandenganteknikpurposive samplingdenganpopulasikelas X MIA dansampelkelas X MIA1dan X MIA2. Kemampuanberpikirkreatifpesertadidikdikumpulkandenganteskemampuanberpikirkreatif yang berbentuk essay test yang terdiridari 10 butirsoaltesdanlembarobservasi.Hasilpenelitianmenemukanbahwa,; 1) rata-rata kemampuanberpikirkreatifpesertadidik yang mengikutipembelajarandenganmenggunakan model pembelajaraninkuiriterbimbingsebesar 75,8; (2) rata-rata kemampuanberpikirkreatif yang mengikutipembelajarandenganmenggunakan model pembelajarankonvensionalsebesar 64,5; (3) penerapan model pembelajaraninkuiriterbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidikpadamaterihukum newton kelas X SMA Negeri 1 Maumere.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, K.(2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Prenada Media Grup.

Arifah Zurotunisa, dkk (2016) “Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Lawang”. Jurnal pembelajaran Kimia (J-PEK). Vol. 01 No. 2, Desember 2016

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasarEvaluasiPendidikan. Jakarta :Bumiaksara.

Borich, Gary D. Observation Skills for Effective Teaching.New York: Merril. 1994

Erlina, dkk (2016) “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa”. e- jurnal mitra sains. Vol. 4 No. 1, Januari 2016

Giancoli, D. C. 2001. Fisika, Edisi kelima :Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Gunawan, Muhammad. 2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Parama Publishing. Cetakan pertama.

Halliday, D., R. Resnick, & J. Walker. 2010. Fisika Dasar, Edisi Ketujuh Jilid I. Jakarta : Erlangga

Hani Nur’Azizah dkk (2016) “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi siswa kelas IV SDN Corenda dan Nanggerang Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang tahun ajaran 2015/2016”. Jurnal penah ilmiah. Vol.1 No.1 2016.

Kemendikbud.2013. DiklatGurudalamRangkaImplementasiKurikulum2013.Jakarta :KementerianPendidikandanKebudayaan.

Kunandar.(2014). PenilaianAutentik (PenilaianHasilBelajarPesertaDidikBerdasarkanKurikulum 2013).Jakarta : Raja GrafindoPersada

Malihah, M. (2011). “Pengaruh Model Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi”. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Madrapi, D. 2012. TeknikPenyusunanTesdanNontes.Yogyakarta :MitraCendikia.

Munandar, U. (2012). “Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat”. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdyansyah danFahyuni, E.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Nurlaela, Luthfiyah dan Ismayati, Euis. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak

Rahmawati, E. 2015. “LKS Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Skripsi Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Riong, Maria Bernadeta Dua. 2017. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadapKemampuanBerpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMA”. Skripsi Sarjana Pendidikan, Universitas Nusa Nipa.

Risa Agustin dkk (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sman 1 Kalianget”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol. 03 No. 2 tahun 2014, 14-19.

Setiyani. (2013). Pengembangan Kreatifitas Anak. Jakarta. Rineka Cipta.

Siregar, S. (2013). Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siti Juliyanti (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kelapa Dua Kabupaten Tangerang”. Skripsi sarjana pendidikan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yulianto, Eko. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kogniif Fisika SMP”. Skripsi Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International