KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERMODINAMIKA

Falentina Genoveva Irmina, Rambu Ririnsia Harra Hau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa kelas XI IPA 3 dalam menyelesaikan soal termodinamika . Metode yang di gunakan yaitu hasil observasi dan wawancara . Data tersebut dianalisis Deskriptif Kualitatif . Kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi termodinamika yaitu siswa belum memahami pemberian soal yang di berikan.pada penelitian ini juga di temukan ada kesalahan yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan soal termodinamika adalah kesalahan terjemahan yang berupa kesalahan dalam menuliskan apa yang di ketahui dan di tanyakan soal secara tepat,kesalahan konsep yang berupa kesalahan dalam menyelesaikan konsep usaha yang di lakukan lingkungan pada sistem,proses termodinamika,usaha pada proses termodinamika,kapasitas kalor,dan hukum 1 termodinamika.penyebab kesalahan yang di lakukan oleh siswa adalah siswa lupa,tidak memahami symbol fisika dari data -data yang Disebutkan soal,kurang teliti dalam membaca serta memahami maksud soal,kurang memperhatikan penjelasan guru,dan tidak berani mengajukan pertanyaan ketika ada materi yangbelum di pahami.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Rismantul. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA).5(2).44-50.

Gasong, D. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Kanisius. (2017). Teknik Diskusi Berkelompok. Yogyakarta: Kanisius.

Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses . Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa. 202-211.

Rabindra R, P. J. (2019). Students’ strategies for solving a multirepresentational partial derivative. 3-15.

Suroso. (2016). Analisis Kesalahan siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Termodinamika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. 8-18.

Susilawati, A. H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Ekspositori Dengan Keterampilan Proses. Jurnal pendidikan Fisika Dan Teknologi . 249-254.




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International