DETEKSI POTENSI SUMBER AIR BAWAH TANAH DI DESA CEPOKO KECAMATAN GUNUNGPATI DENGAN METODE GEOLISTRIK

Yoan Theasy

Abstract


Deteksi air tanah dapat dilihat dengan metode geolistrik. Untuk pengambilan datanya digunakan konfigurasi Schlumberger dalam penyusunan elektroda-elektrodanya. Konfigurasi Schlumberger dilakukan untuk pengukuran 1D (sounding).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi air tanah dengan metode geolistrik Desa Cepoko,Kecamatan Gunungpati. Nilai resistivitas lapisan tanah dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi Schlumberger dengan jumlah lintasan pengukuran sebanyak 2 lintasan. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut, dilakukan pengolahan dengan menggunakan software RES2DINV untuk pengolahan data 1D. Dari hasil maping, dapat diketahui besarnya resistivitas semu dari suatu struktur tanah pada kedalaman tertentu.

Full Text:

PDF

References


Andriayanil S., Ari H. R. dan Sutanto, 2010. Metode Geolistrik Imaging Konfigurasi Dipole-Dipole Digunakan Untuk Penelusuran Sistem Sungai Bawah Tanah Pada Kawasan Karst Di Pacitan, Jawa Timur. Jurnal EKOSAINS. 2 (1):1-9

Aizebeokhai A.P., 2010. 2D and 3D Geoelectrical Resistivity Imaging: Theory and Field Design. Scientific Research and Essays. 5(23):1-14

Sadjab B., As’ari dan Adey T., 2012. Pemetaan Akuifer Air Tanah di Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Metode Geolistrik Tahanan Jenis. Jurnal MIPA UNSRAT Online. 1(1): 37-44.

As’ari, (2011). Pemetaan Air Tanah Di Kabupaten Jeneponto Dengan Metode Geolistrik. Jurnal Sainstek. 3(1):1-7.

Ratnakumari Y., S. N. Rai*, S. Thiagaranja dan Dewashish Kumar, 2012. 2D Electrical Resistivity Imaging for Delineation Of Deeper Aquifers In A part Of The Chandrabhaga River Basin, Nagpur District, Maharashtar, India. Current Science. 102(1):1-9.

Halik G. dan Jojok W. S., 2008. Pendugaan Potensi Air Tanah Dengan Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger Di Kampus Tegal Boto Universitas Jember. Jurnal Ilmia Sains. 15 (2):1-5.

Bhattacharya, P.K., Patra, H.P. 2014. Method for Direct Current Geolistric Sounding, Geophysical Prosp. V.20.P.448-458.

Torok, I., Kis, M. 2012. GSE and Weighted GSE inversion in the interpretation of DC geoelectric data. J. Geosciences 59: 63-74.




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International