PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMK

Nuri Indra Mayu, Zaenal Abidin, Ryza Agreseprianto

Abstract


Pembelajaran fisika berbasis proyek TTG rancang bangun pompa air garam tenaga angin bagi siswa Teknik Pemesinan SMK Tunas Harapan Pati. Sebagai bekal ketrampilan hidup dan berkakarir siswa dalam meningaktakan kompetensi persiapan kerja dan antisipasi pemutusan hubungan kerja. Pembelajaran berbasis proyek dilakukan dalam tujuh tahap yakni yakni tahap pendahuluan dan penugasan, tahap observasi dan perencanaan disain, persiapan kerja, poses produksi, presentasi produk, penilaian produk, tahap pelaporan. Pembelajaran fisika berbasis proyek TTG dapat menampilkan profil sikap ilmiah yang baik berdasarkan nilai keterbukaan peserta didik 93,13, N-Gain 3,37, nilai objektifitas peserta didik 88,13 dengan N-Gain 0,28, nilai rata-rata ketelitian peserta didik 74,38 dengan peningkatan 0,13, nilai rata-rata kedisiplinan peserta didik 93,13 dengan N-Gain 0,51, nilai rata-rata kerjasama peserta didik 94,69 dengan N-Gain 0,59. Nilai rata-rata sikap ilmiah siswa setelah pembelajaran proyek adalah 82,69 dengan N-gain 0,32 tergolong katagori sedang. Nilai rata-rata untuk nilai kognitif sebelum kegaitan proyek adalah 71,5 setelah kegaitan proyek 77,8 dengan N-gain 0,23 masih tergolong rendah, namun ketuntasan klasikal tercapai 87. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berbasis proyek dapat meningkatkan sikap ilmiah, dan pengetahuan siswa.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik BPS, 2016. Berita Resmi Statistik. https://www.bps.go.id. (diakses 10 Desember 2016).

Cano, J. L., Sáenz, M. J., & Cebollada, J. A. 1999. Project management interactive learning and project oriented learning organizations. In Global Production Management. 85-95. Springer US.

Emalfida, E., Sarong, M. A., & Hasanuddin, H. 2016. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Mtss Alfurqan Bambi. Jurnal Edubio Tropika, 4(1).

Hikmaningsih, D. A., Aminah, N. S., & Surantoro, S. 2015, September. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi Pada Materi Suhu Dan Kalor Menggunakan Project Based Learning Di Kelas X MIA SMA Negeri 2 Surakarta. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 6, No. 6).

Murti, K.E. 2013. Pendidikan Abad 21 Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior. Artikel Kurikulum 2013 SMK.

Murti, K.E. 2015. Pendidikan Abad 21 Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Di SMK. Artikel www.Pendidikan Abad 21. (diakses 2 januari 2016).

Ningsih, L. D., & Isnani, M. S. 2010. Studi Komparatif Tingkat Reliabilitas Tes Prestasi Hasil Belajar Matematika Pada Tes Bentuk Uraian Dengan Model Penskoran GPCM (generalized partial credit model) dan Penskoran GRM (graded response model). Cakrawala, 4(8).

Nuri, N., & Rusilowati, A. (2018). Pembelajaran Berbasis Produksi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Produktifitas Siswa SMK. Physics Communication, 2(1), 46-51.

Prayitno, W. 2009. Implementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD N Jetis II Nglora. Best practice. http://lpmpjogja.org/wp-content/uploads/2015/04/Artikel- wendhi-Best-Practice-Implementasi-PBL-dalam-Pembelajaran-Abad-21.pdf. (diakses 12 februari 2017).

Purnama, R. D. A., & Pribadi, B. A. 2014. Penilaian Performa Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan, 15(1), 22-30.

Rusilowati A, 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian. Semarang: unnes pers.

Statistik, B. P. 2009. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2009. Available FTP: http://www. bps. go. id/brs_file/naker-01des09. pdf, diakses, 5.

Zubaidah, S., & Malang, J. B. F. U. N. 2016. Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. In Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan Tema Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 di STKIP Perdana Katulistiwa Sintang




This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International